Spesifikasi Dan Cara Kerja Mesin Harley Davidson Yang Perlu Anda Tahu

Mesin Harley Davidson – Pecinta moge alias motor gede mungkin tidak asing lagi melihat Mesin Harley Davidson. Jangankan mesinnya, melihat kepalanya saja sudah terasa kesan sangarnya. Bagaimana tidak, motor Harley Davidson memang sejak dulu melegenda di Indonesia. Keberadaannya bisa membuat siapapun tidak mengalihkan pandangan. Tidak heran jika banyak pengendara yang terlihat begitu bangga bisa menunggangi motor gede Harley Davidson yang terkesan macho dan maskulin.
Mungkin banyak juga yang berpendapat bahwa kegarangan dan keganasan yang ditampilkannya berasal dari Mesin Harley Davidson itu sendiri. Pasalnya, motor-motor Harley selalu dibekali dengan mesin-mesin yang tangguh dan berkelas. Sehingga tidak ada motor lainnya yang bisa menyamainya. Bukan berarti yang lain tidak ada yang lebih baik. Namun Harley memiliki kekhasannya sendiri yang sangat unik dan berbeda dibanding moge-moge lainnya yang datang ke Indonesia. Sehingga tetap saja banyak penggemar Harley yang setia.
Spesifikasi Dan Cara Kerja Mesin Harley Davidson Yang Perlu Anda Tahu

Spesifikasi Dan Cara Kerja Mesin Harley Davidson Yang Perlu Anda Tahu

Tidak dapat dipungkiri kalau Mesin Harley Davidson berhasil membuat kita penasaran bagaimana spesifikasinya serta cara kerjanya. Bagaimana mesin-mesin Harley bekerja, mari kita cari tahu kebenarannya melalui ulasan sederhana berikut ini:
Untuk tipe mesin yang digunakan oleh motor-motor Harley, tentunya disesuaikan dengan modelnya. Untuk itu, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai motornya itu sendiri. Harley Davidson merupakan muscle motorcycle buatan Amerika yang sudah cukup melegenda di kancah permotoran di Indonesia, khususnya didunia motor gede. Gaya yang diusung Harley memang sangat khas. Ia mengaplikasikan model klasik. Bahkan sampai sekarang, model klasik tetap dipertahankan meskipun ada penambahan unsur futuristik pada model terbarunya.
Meskipun banyak para pesaingnya yang mengusung berbagai konsep model, Harley tetap konsisten dengan model klasiknya yang menjadi andalan. Sehingga penggemar Harley memang tidak terbatas mulai dari anak muda, orang dewasa sampai yang sudah paruh baya. Keunikan yang dimiliki Harley justru membuatnya bisa tetap bisa bertahan hingga saat ini ditengah persaingan otomotif yang begitu ketat.
Selain dari sisi gaya, hal lain yang patut diperhatikan adalah faktor kenyamanan yang diberikan bagi pengendara. Tidak peduli seberapa jauh touring atau perjalanan yang ditempuh, tidak akan membuat pengendaranya kerepotan atau kelelahan. Karena semuanya sudah didesain sedemikian rupa agar dudukan, pegangan, dan segala sesuatunya bisa memberikan kenyamanan yang maksimal untuk pengendara. Hal tersebut karena Harley sudah memiliki perhitungan yang matang mengenai letak foot step, jok, dan stang untuk membuat pengendara tidak mudah lelah dalam berkendara.
Spesifikasi Dan Cara Kerja Mesin Harley Davidson Yang Perlu Anda Tahu
  • Spesifikasi Mesin
Setelah mengulas sedikit tentang model dan kenyamanannya, saatnya kita mengulas tentang performanya. Performa sebuah kendaraan pastinya berhubungan dan dipengaruhi oleh mesin. Untuk Mesin Harley Davidson sendiri, ia bertipe V-Twin Engine. Mengapa mesin ini yang dipakai untuk membekali performa Harley? Mesin seperti ini memiliki daya pacu yang tidak main-main. Kekuatan dan tenaga yang dihasilkanpun tidak sembarangan besarnya. Sehingga semua model Harley menggunakan tipe mesin ini.
  • Jenis Mesin
Mesin Harley Davidson yang merupakan tipe mesin yang yang dibekali dengan air-cooled system. Ia dipasang membentuk sudut 45 derajat dengan model V-Twin Engine. Jika kita lihat mesinnya secara kasat matapun bisa terlihat jelas bentuk huruf V yang tercipta dari posisi mesin tersebut diletakkan. Inilah yang menjadi rahasia mengapa tenaga motor Harley bisa begitu kuat. Selain itu, suara yang dihasilkannya pun terdengar beda dari moge-moge lainnya. 
Spesifikasi Dan Cara Kerja Mesin Harley Davidson Yang Perlu Anda Tahu
  • Keistimewaan mesin
Mesin Harley Davidson dengan model V-Twin engine ini memiliki keistimewaan. Selain suara unik dan garang yang dihasilkan, ia memiliki kemampuan untuk memberikan dorongan yang bertenaga terhadap performa motor. Bayangkan saja, body motor yang luar biasa beratnya bisa mencapai 400 kg melaju jika tidak disokong oleh mesin bertenaga ekstra. Maka, mesin yang dibekali untuk Harley tidak bisa sembarangan. Ia harus bisa menyokong berat motor itu sendiri sehingga tetap seimbang selama dikendarai.
  • Yang khas dari mesin
Yang khas dari Mesin Harley Davidson seperti yang telah disebutkan diatas, ia memiliki bentuk V yang unik. Mengapa unik? Karena tidak seperti mesin V-Twin lainnya yang memiliki kerenggangan yang cukup besar, mesin V-Twin Harley memiliki sudut yang sempti yakni 45 derajat. Dimana yang lain berkisar 60-90 derajat. Jadi, suara yang dikeluarkannya pun sangat khas. Selain itu, Harley memiliki getaran yang lebih intens dibanding moge lainnya karena mesin tadi. Dan hal itulah justru yang menjadi identitas motor Harley Davidson.
  • Maintenance Mesin
Banyak yang menanyakan bagaimana maintenance Mesin Harley Davidson. Sebenarnya, model mesin V-Twin seperti yang dimiliki Harley tidak memerlukan maintenance atau perawatan yang terlalu sulit. Biaya perawatannya pun masih tergolong terjangkau untuk para pemilik Harley. Meskipun begitu, memang tidak bisa disamakan antara merawat mesin Motor gede dengan motor yang hanya memiliki kapasitas 250 cc.

Cara Kerja Mesin Harley Davidson

Spesifikasi Dan Cara Kerja Mesin Harley Davidson Yang Perlu Anda Tahu

Lalu bagaimana Cara kerja mesin yang dimiliki Harley Davidson ini? Kita cari tahu jawabannya berikut ini:

  • Macam-macam mesin
Ada mesin flathead yang merupakan generasi mesin pertama Harley. Ia memiliki kapasitas 742 cc dan bisa mengeluarkan tenaga sebesar 22 horsepower. Lalu ada mesin Knuckled Head yang menjadi generasi mesin selanjutnya. Ia berkapasitas 990 cc dan menghasilkan 45 horsepower. Lalu ada tipe Panhead yang berkapasitas 990-1200cc dan dapat menghasilkan 50-55 horsepower. Selanjutnya ada tipe Shovelhead yang berkapasitas 1200cc serta menghasilkan 60 horsepower.
Lalu ada tipe Evolution yang berkapasitas 1340cc dan menghasilkan 70 horsepower. Namun untuk motor Harkey keluaran saat ini, mesin Evo berkapasitas 1200cc. Lalu tipe Twin-Cam 88 dan 96 yang berkapasitas masing-masing 1450cc dan 1584cc dengan daya 80 dan 96 horsepower. Yang terakhir tipe Revolution berkapasita 1130 dan tenaga 115 horsepower.
  • Cara Kerja
Cara kerja Mesin Harley Davidson dipengaruhi oleh dua batang poros yang menghubungkan satu crankpin. Mesin ini mengakomodasi dua silinder dengan dua piston yang diposisikan tetap berdampingan secara tegak membentuk 90 derajat. Posisi mesin yang membentuk huruf V ini tentu mempengaruhi kinerjanya.
Mesin Harley Davidson jenis ini sangat cocok untuk tipe kendaraan seperti Harley karena dapat menopang beban dengan sempurna tapi tetap menghasilkan tenaga yang maksimal. Ditambah lagi, ada air-cooled sistem dipasang pada mesin yang bisa membuatnya tetap pada performa yang optimal.
Sebelum membeli Harley, pastikan kita sudah mengetahui tipe motor yang akan kita pilih karena ada banyak pilihan yang mungkin bisa membuat kita bingung. Pastikan kita tahu apa yang diinginkan dari motor Harley ini mulai dari spesifikasi mesin, tipe body, kenyamanan, dan lain sebagainya. Karena sejatinya, kendaraan apapun dibeli untuk dikendarai dengan aman dan nyaman untuk menunjang keselamatan pengendara. Itulah ulasan yang dapat PusatMotor.com sampaikan mengenai Mesin Harley Davidson. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply